Kasus 1
Seorang
guru sangat memahami jika Ipin, salah satu muridnya berbakat dalam berpidato
dalam Bahasa Inggris. Ia mendorong Ipin untuk mengikuti perlombaan pidato dalam
Bahasa Inggris tingkat kabupaten. Namun, nampaknya Ipin masih belum percaya
diri. Bagaimanakah cara Anda dalam menanggapi hal ini?
Coach: Ibu Mut, Coachee: Ipin
( diperankan oleh Pak Ipin), Pengamat : Bu Bekti dan Bu Yuli
Tujuan :
Suatu
pagi di SMA N 1 Karanggede, Ibu Mut seorang guru Bahasa Inggris di kelas X.,
menginformasikan bahwa akan diadakan lomba Pidato tingkat Kabupaten/Kota, Ibu Mut
menghimbau siswa-siswi yang punya bakat untuk mewakili sekolah dalam lomba
pidato tersebut. Salah satu siswa yang diminta untuk mewakili adalah Ipin
karena Ibu Mut merasa Ipin sangat berbakat dalam pidato Bahasa Inggris.
Di
satu sisi, Ipin enggan untuk mengikuti lomba tersebut karena ia masih belum
percaya diri. Sehingga suatu siang, pada jam istirahat sekolah, Ipin
memberanikan diri menghadap Ibu Mut dan menyampaikan permasalahannya.
Percakapan
Ibu Mut dan Ipin
Identifikasi
Ipin : Assalamu’laikum, Selamat siang bu Mut
Ibu Mut : Waalaikumsalam, Selamat siang Ipin, ada yang
bisa ibu bantu?
Ipin : Begini Bu, terkait dengan permintaan Ibu
agar saya mewakili sekolah dalam perlombaan Pidato, saya merasa keberatan dan tidak bisa ikut
Bu..
Ibu Mut : Kenapa Ipin keberatan dan tidak bisa ikut?
Ipin : Saya masih belum percaya diri Bu,
Ibu Mut : Mengapa kamu tidak percaya diri?
Ipin : Karena sewaktu SMP Kelas 7 dulu saya pernah
ikut lomba Pidato tapi gagal. Jadi untuk kali ini saya tidak mau lagi karena
saya takut tidak bisa mengharumkan nama sekolah.
Ibu Mut : nah Ipin.. sekarang Ibu tanya, apa saja
kekuatan yang ada dalam dirimu?
Ipin : Saya fasih dalam berbahasa Inggris, bu
Ibu Mut : ada lagi kelebihan lainnya?
Ipin : Iya Bu, saya juga bisa merancang Pidato informatif
Rencana Aksi
Ibu Mut : Ok. Ipin, sebenarnya kamu punya kekuatan
dalam diri yang perlu terus diasah dan perlu membangun rasa percaya diri kamu
sehingga tidak mudah putus asa.
Sekarang Ibu mau tanya, menurut kamu
apa saja hal-hal penting sebagai syarat dalam berpidato?
Ipin : Setahu saya, syarat utama dalam berpidato
adalah menguasai pokok masalah (isi) yang akan diuraikan, memiliki kecakapan
untuk menyampaikan isi tersebut, antara si pembaca, topik yang dibaca dan
pedengar perlu terjalin hubungan yang harmonis serta dapat dipahami pendengar.
Ibu Mut : Tepat sekali Ipin, begitulah syarat pidato
yang baik dan benar. Nah sekarang dari syarat tersebut, menurut pendapat kamu,
manakah yang belum kamu kuasai?
Ipin : Dari ke-empat syarat tersebut, yang menurut
saya belum saya kuasai adalah saya belum memiliki kecakapan untuk menyampaikan
isi pidato sehingga membuat pendengar tidak memahami isi pidato saya. Hal
inilah yang akhirnya membuat saya kurang percaya diri dalam berpidato.
Tanggung Jawab
Ibu Mut : Baik Ipin, kalau begitu, langkah apa yang
kamu lakukan supaya bisa mengembalikan kepercayaan diri kamu apabila dikaitkan
dengan syarat berpidato yang kamu sebutkan tadi.
Ipin : Menurut saya, yang bisa saya lakukan adalah
saya perlu lebih banyak belajar bagaimana memilki kecakapan untuk menyampaikan
isi pidato sehingga pesan dalam pidato saya tersampaikan ke audience dengan
begitu saya akan lebih percaya diri.
Ibu Mut : Bagus sekali Ipin, kembalikan percaya diri
kamu dengan lebih banyak lagi belajar tentang bagaimana berpidato yang baik dan
bisa menginfluser audience dengan pesan dalam pidato .
Ibu yakin kamu pasti bisa, karena kamu
punya kekuatan yang perlu dieksplor dan cara mengeksplor kekuatan dalam diri
kamu salah satunya adalah melalui lomba Pidato ini. Ibu yakin kamu bisa, jangan
prioritas pada menang atau kalahnya, yang terutama adalah kamu sudah bisa
mengembalikan kepercayaan diri kamu dan mendapat banyak pengalaman baru.
Ipin : Baik Ibu Mut, saya siap untuk mengikuti
lomba pidato tingkat Kabupaten mewakili sekolah kami. Saya yakin saya bisa.
Terima kasih banyak Ibu Mut.
KASUS 2
Seorang murid bercerita jika dia merasa diperlakukan tidak adil oleh seorang guru. Guru tersebut membuka les privat, dan sebagian besar murid di kelas mengikuti les privat tersebut, kecuali murid tersebut. Murid tersebut merasa tidak nyaman ketika guru sering menyindir murid yang tidak mau ikut les privatnya. Bahkan, murid tersebut juga merasa bahwa nilai yang diberikan pun tidak adil, para murid yang mengikuti les guru tersebut mendapatkan nilai yang lebih baik dari murid tersebut. Bagaimanakah cara Anda menanggapi hal ini?
Tujuan
Suatu pagi, Di Sebuah
SMA, Ibu Bekti adalah seorang guru kimia dan sekaligus walikelas dari kelas XI
Mipa 1 berjalan melintasi depan kelas kewaliannya, dan tanpa sengaja Ibu Bekti
Melihat salah satu siswanya yang bernama yuli sedang melamun dan pandangannya
kosong selama mengikuti pelajaran tersebut, tidaj hanya sekali itu Ibu Bekti
Melihat Anak kewaliannya yang bernama Yuli melamun saat pelajaran B.Inggris.
Ibu Bekti ingan mengetauhi apa yang sebenarnya terjadi pada Yuli, ada masalah
apa sehingg sering melamun saat pelajaran B. Inggris an mencari solusi yang
tepat jika Yuli ada masalah
Disisi lain Yuli
adalah murid kelas XI Mipa 1yang merasa di perlakukan tidak adil ole guru B,
Inggrisnya yang bernama Miss Yuli, Sehingga Yuli sering melamun di kelas karena
merasa binggung kenapa dan ada apa dengan diri saya, apa slah yang Yuli buat
sehingga guru B. Inggrisnya sering Menyindirnya.
Diceritakan situasi
Anak-anak sedang Belajar Mata pelajaran BAHASA INGGRIS di kelas XI pukul 09.00 WIB
Coach |
: |
Nak, bisakah nanti jam istirahat datang ke
ruangan ibu sebentar, bantu ibu untuk membawakan hasil kerja teman-temanmu. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coachee |
: |
Baik bu |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Disaat sedang jam istirahat Coachee tadi
datang menghampiri gurunya di ruang guru untuk mengantarkan tugas
tenan-temannya. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coach |
: |
Nak sini, coba taruh bukunya di atas meja
ibu! |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Saat Coachee tersebut mendekati meja guru
lalu guru sebagai Coach mulai mengadakan komunikasi assertif kepada Coachee. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coach |
: |
Nak boleh ibu bertanya sebentar, akhir-akhir
ini ibu lihat kamu di kelas sering melamun nak? Apa ada masalah yang sedang
kamu pikirkan mba yuli? |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coachee |
: |
iya bu akhir-akhir ini saya selalu kurang
fokus bu dalam belajar karena saya selalu memikirkan kenapa ya bu guru pada
mata pelajaran B. Inggris selalu menyindir saya bu kalau sedang mengajar di
kelas? |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coach |
: |
Menyindir? Mmmm coba ceritakan lebih dalam
lagi perasaan yang kamu alami sekarang kenapa bisa sampai berpikiran seperti
itu? |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coachee |
: |
Iya bu, soalnya kalau di kelas Miss yuli itu selalu bilang pada teman sekelas saya,
sambil matanya tertuju pada saya bu bilangnya seperti ini kalau Les B.
Inggris itu sangat penting untuk melatih pemahaman kita dalam berbicara B.
Inggris dan mengerjakan soal latihan, jadi kalau yang ga datang les B.
Inggris akan rugi karena kurang memahami bagaimana cara mengerjakan soal
tersebut. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coach |
: |
lalu bagaimana pendapat mu ? |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coachee |
: |
Benar sih bu, apa yang dikatakan Miss Yuli itu bahwa les B. Inggris itu penting. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coach |
: |
Terus kenapa kamu gak datang les B.
Inggrisnya? |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coachee |
: |
Iya bu soalnya saya merasa datang pun gak
ada gunanya soalnya Miss Yuli itu
selalu memberikan nilai yang jelek pada saya bu, mungkin Miss Yuli itu gak suka sama saya bu . |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coach |
: |
mmmm, jadi menurut kamu pembicaraan kita
kali ini bertujuan untuk apa ya Nak? (Pertanyaan Model TIRTA TUJUAN UTAMA) |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coachee |
: |
membicarakan bagaimana bu solusi yang tepat Miss
Yuli itu tidak selalu menyindir saya
bu dan memberikan nilai yang jelek pada saya bu. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coach |
: |
Nah kalau seperti itu, coba apa hambatan
kamu yang menghalangi kamu untuk bisa datang ke les tersebut? (Pertanyaan
Model TIRTA IDENTIFIKASI) |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coachee |
: |
ini bu kebetulan les nya diadakan sore
dimulai dari pukul 14.00-15.30, sedangkan saya pada jam tersebut ada les BTQ
bu kebetulan mamah saya selalu bilang untuk jangan bolos Les BTQ, karena itu
sangat penting. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coach |
: |
lalu bagaimana pendapatmu, apakah prioritas
utamamu dalam hal ini? apakah Les B. Inggris yang hanya dilakukan 1 minggu 2 kali
ataukah les BTQ? (Pertanyaan Model TIRTA RENCANA AKSI) |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coachee |
: |
Iya bu kedua-duanya penting bu bagi saya,
Cuma saya masih belum bisa membagi waktu ketika semuanya bentrok bu . |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coach |
: |
coba kalau seperti itu bagaiman cara kamu
mengatasinya ? |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coachee |
: |
Mungkin saya bisa membicarakannya bu dengan Miss
Yuli , supaya kalau bisa waktu untuk les B. Inggrisnya diundur bu jadi jam
15.30 supaya saya bisa untuk ikut les tersebut, atau diadakan di hari Jumat
bu karena pada hari itu saya libur les BTQ |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coach |
: |
Ide cemerlang tuh, nah selanjutnya bagaimana
dengan tindak lanjut yang akan kamu lakukan setelah membicarakan semua ini
dengan ibu ? (Pertanyaan Model TIRTA TANGGUNG JAWAB) |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coachee |
: |
iya bu saya akan segera menemui ibu itu
untuk segera membicaraknnya dan berusaha untuk supaya saya bisa mengikuti les
B. Inggris tersebut. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coach |
: |
Bagus, memang harus seperti itu sayang, kita
harus berusaha sebisa mungkin untuk bertanggung jawab atas apa yang kita
hadapi sekarang, situasi kamu memang sulit ya karena berhadapan dengan waktu
yang berbarengan tetapi jika kamu mampu memanajemen waktu kamu dengan baik.
dan kamu mau mengungkapkan apa yang jadi masalahnya dan berbicara dengan Miss
Yuli Guru B. Inggris mengenai alasan
kenapa kamu tidak mengikuti les B. Inggris tersebut , Insya Allah guru
tersebut akan memahami dan akan berusaha membuat ulang jadwal supaya kamu
bisa mengikuti Les tersebut ya |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coachee |
: |
iya bu, terimakasih arahan nya bu, sekarang
saya jadi tahu apa yang harus saya lakukan supaya bisa menghadapi masalah
tersebut. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coach |
: |
iya cantik sama-sama, kamu hebat ! |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coachee |
: |
Baik bu kalau begitu saya izin pamit bu saya
akan menemui ibu Miss Yuli untuk
membicarakannya bu. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coach |
: |
Semangat ya Nak kamu pasti Bisa. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coachee |
: |
Makasih Bu Assalamualaikum Warahmatullahi
Wabarakatuh |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Coach |
: |
Walaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Murid tersebut bergegas meninggalkan Ruang
guru KIMIA untuk segera menemui Guru B. Inggris. Model Coaching Tirta. Kasus
3 Rekan
anda bercerita jika dia baru mendapatkan teguran dari kepala sekolah yang
menerima laporan dari pengawas sekolah yang melakukan supervisi saat ia
mengajar. pengawas sekolah yang melakukan supervisi tampak keberatan ketika
rekan anda mengajar dengan memanfaatkan sumber-sumber belajar lainnya. ketika
diigatkan pengawas tersebut. rekan anda menyampaikan bahwa jika ia tetap
mengacu pada kurikulum walaupun tidak menggunakan buku teks. pengawas tersebut
tampaknya tersinggung dan memberikan laporan tentang hal ini kepada kepala
sekolah. Bagaimana anda menyikapinya? Petugas Coach :
Muhammad Arifin Coachee
: Siti Mutmainah Pengamat : Sri Subekti
dan Yuli Rusmiyanti
Tujuan Umum :
Pengamat
: Tepuk Tangan (Sambil Tersenyum )Mantap. |
0 comments:
Posting Komentar