Setelah mengikuti
Pendidikan Guru Penggerak pada minggu ke-11, saya merefleksikan hasil dari
kegiatan ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal refleksi ini saya tulis
sebagai jurnal yang ditulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan,
gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan. Model refleksi
yang saya gunakan adalah Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings,
Future)
1. Facts (Peristiwa)
Pada pembelajaran yang
saya ikuti di minggu ini adalah:
a. Koneksi
Antar Materi
Dalam koneksi antar materi ini, Calon Guru
Penggerak membuat artikel tentang mengaitkan pembelajaran berdiferensiasi
dengan materi pada modul sebelumnya. Hal baiknya adalah saya menjadi belajar
kembali pada modul sebelumnya serta dapat menambahkan pengalaman-pengalaman
baru untuk mengaitkan materi tersebut. Kesulitannya yaitu Guru Penggerak harus
mencari definisi tiap materi yang sebelumnya dipelajari agar dapat dikoneksikan
dengan materi sekarang. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu membuat draf
koneksi, serta membuat desain semaksimal mungkin agar pembaca lain dapat mudah
memahami materi yang saya sampaikan.
b. Aksi Nyata
Pada aksi nyata, Calon Guru Penggerak mulai
dengan membuat rancangan yang akan dilakukan, baik dari menyiapkan Rencana
Pembelajaran dan bukti-bukti fisik lainnya. Kesulitannya adalah adanya
pembelajaran tatap muka belum maksimal serta jaringan internet tidak stabil,
sehingga menjadi hambatan untuk bertatap muka langsung dengan siswa. Untuk
mengatasi hal tersebut, saya membuat pengumuman kepada siswa melalui media
Whats App, karena Whats App hanya dengan jaringan internet rendah, pesan
tersampaikan dengan stabil.
2. Feelings (Perasaan)
Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran
hari ini adalah takut dan semangat.
a. Perasaan takut yaitu ketika sedang membuat
koneksi antar materi dan melakukan aksi nyata, takut tidak dapat melaksanakan
tugas dengan baik, takut sinyal hilang saat mengisi LMS, dan takut ada acara
yang bersifat mendadak sehingga tidak dapat mengerjakan tugas tersebut sesuai
dengan batas waktu yang ditetapkan.
b. Perasaan semangat adalah ketika melakukan
koneksi antar materi dan aksi nyata. Di dalamnya harus semangat untuk lebih
teliti mempelajari kembali modul sebelumnya, serta mengondisikan siswa agar
pelaksanaan aksi nyata dapat berjalan dengan optimal.
3. Findings (Pembelajaran)
Pembelajaran yang saya dapatkan pada minggu
ini adalah:
a. Koneksi Antar Materi - Pembelajaran
Berdiferensiasi
- Pengertian pembelajaran berdiferensiasi
Menurut Tomlinson (2000) adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di
kelas untuk memenuhi kebutuhan individu setiap belajar murid.
- Strategi pembelajaran berdiferensiasi
(diferensiasi konten, diferensiasi proses, diferensiasi produk).
- Penerapan pembelajaran berdiferensiasi sangat
perlu karena kemampuan siswa berbeda-beda dan beragam dalam hal minat,
kesiapan, serta profil belajar siswa.
- Kaitan materi modul sebelumnya dengan
pembelajaran berdiferensiasi, yaitu dengan kebutuhan murid yang beragam dapat
terpenuhi dengan baik dengan profil pelajar Pancasila dan terwujudnya cita-cita
merdeka.
b. Aksi Nyata - Pembelajaran Berdiferensiasi
- Membuat rancangan aksi nyata yang akan
dilakukan
- Membuat rencana pembelajaran berdiferensiasi
menyesuaikannya dengan pemetaan profil murid.
- Melakukan konsultasi dengan Kepala Sekolah
- Melakukan koordinasi dengan rekan guru lain
- Melakukan koordinasi dengan pengajar praktik
- Melakukan aksi nyata dengan siswa
- Membuat dokumentasi kegiatan aksi nyata
4. Future (Penerapan)
Setelah melakukan pembelajaran hari ini, yang saya lakukan berikutnya adalah dapat menerapkan Rencana Pembelajaran Berdiferensiasi kepada murid di sekolah. Membuat RPP dimulai dengan konsultasi dengan Kepala Sekolah, berbagi pengalaman dengan rekan sejawat, serta menerapkannya dalam pembelajaran di kelas. Dengan Rencana Pembelajaran Berdiferensiasi dapat menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu di mana dalam pembelajaran ini tujuannya untuk mengarahkan siswa sesuai dengan minat, tingkat kesiapan dan profil belajar yang berbeda-beda.
0 comments:
Posting Komentar