Belajar bersama Masipin merupakan blogger yang berisikan tentang Pendidikan, Pertanian dan Dakwah.. Apabila ada kesesuaian dengan blog lain dan kesalahan upload kami mohon maaf.

Sabtu, 26 Maret 2022

2.1.a.4.1. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Modul 2.1

Video Pertama :




Video Kedua :


Hasil Pengamatan Dari Video di Atas  dapat diperoleh :

1.     Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?
Video 1 : Berisikan informasi tentang strategi pembelajaran diferensiasi yang mana sebelum menentukan startegi pembelajaran diferensiasi kita harus memahami 3 aspek pemetaan kebutuhan murid sebagai dasar guru dalam melaksanakan praktik pembelajaran diferensiasi di kelas. 3 Aspek pemetaan kebutuhan tersebut adalah sebagai berikut : (1) Kesiapan belajar (readiness) murid; (2) Minat belajar murid; (3) Profil belajar murid 

Video 2 : Berisikan mengenai informasi lingkungan belajar yang mendukung diferensiasi dibangun dengan membuat : (1) Komunitas belajar Setiap orang di dalam kelas akan menyambut dan merasa disambut oleh orang lain. (2) Setiap orang di dalam kelas saling menghargai, (3) Murid merasa aman, menciptakan murid berani dalam mengemukakan pendapat, (4) Ada harapan bagi pertumbuhan, memahami pertumbuhan yang ditujukkan murid. Pertumbuhan setiap murid berbeda-beda walapun hanya sedikit guru tetap mengapresiasinya. (5) Guru mengajak murid untuk mencapai kesuksesan, pengalaman belajar mendorong murid lebih cepat, sedikit melampaui apa yang telah dikuasainya, guru memberikan dukungan sehingga murid tidak merasa frustasi tetapi mencapai kesuksesan. (6) Adanya bentuk keadilan dalam bentuk nyata. Semua murid berhak mendapatkan perlakukan yang sama di dalam kelas. (7) Guru berkolabroasi dengan murid untuk mencapai pertumbuhan dan kesuksesan bersama, adanya tanggung jawab masing-masing agar pembentukan dan tercipta kelas yang efektif. Guru sebagai pemimpin kelas memiliki peran sangat penting dalam mengembangkan lingkungan belajar yang positif.

2.     Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?

gagasan baru yang saya dapatkan : (1) Dalam diferensiasi proses dapat dilihat dalam menentukan penilaian masing-masing murid berbeda, sesuai dengan kemampuan peserta didik sehingga perlunya rublik penilaian dalam pembelajaran yang harus Guru buat, penilaian seperti halnya penilaian autentik yaitu penilaian secara menyeluruh Terus menerus atau berkesinambungan kita tidak hanya melihat hasilnya saja tetapi bagaimana proses anak murid tersebut dalam belajar. (2) Pengaruh penting lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran diferensiasi, sehingga perlunya kita sebagai Guru menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. (3) Mengimplementasikan stategi pembelajaran berdiferensiasi dalam kegiatan belajar di kelas.

 3.    Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?

Memahami tingkat kesiapan murid, minat belajar, serta profil belajar yang berbeda-beda. Sehingga perlunya usaha sungguh-sungguh untuk menerapkan pembelajaran diferensiasi, menetapkan dalam hati dengan penuh keyakinan kita pasti bisa menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran diferensiasi. Tentunya untuk menciptakan pembelajaran yang diferensiasi perlunya kolaborasi baik dengan murid bahkan dengan orang tua serta Kepala Sekolah, dan Rekan Guru lainnya.

4.     Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?

Bagaimana bentuk perangkat pembelajaran baik RPP beserta rublik penilaian pembelajaran diferensiasi?




0 comments:

Posting Komentar

<<< P e n d i d i k a n >>> <<< P e r t a n i a n >>>