RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMK DARUL
FIKR ANDONG
Mata
Pelajaran : SIMULASI DAN
KOMUNIKASI DIGITAL (SIMDIG)
Bidang Keahlian : Teknologi
Informasi, Teknologi dan Rekayasa
Kopetensi Keahlian :
TKJ dan TBSM
Kelas/Semester : X / Gasal
Tahun Pelajaran : 2021/2022
Materi Pokok : Komunikasi Sinkron dan Asinkron dalam Jaringan
Kompetensi Inti : KI 3 dan
4
Kompetensi Dasar : KD 3.10 dan 4.10
Indikator Pencapaian Kompetensi : IPK 3.10.1 s/d 4 dan 4.10.1 s/d 4
Pertemuan ke- : 1
Waktu : 3 x 45
menit
A. Tujuan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran ini diharapkan siswa
terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan
disiplin dalam menyampaikan
pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mempersiapkan kebutuhan komunikasi
daring
2.
Membedakan jenis
komunikasisinkron-asinkron dengan tepat.
3.
Menjalankan dan menggambarkan proses komunikasi data sinkron dan asinkron
4.
Melakukan
komunikasimenggunakan E-mail
5.
Menindak
lanjuti hasil komunikasi daring
6.
Mengomunikasikan penggunaan layanan komunikasi
sinkron dan asinkron sesuai kebutuhan
B. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
Fase
menyampaikan tujuan dan memotivasi 1.
Guru memulai kegiatan dengan menyapa
peserta didik memberi salam, berdoa mengawali
belajar 2.
Guru mengabsen siswa sebelum memulai
pembelajaran dan menyerukan slogan sekolah SMK Bisa SMK Bisa Hebat. 3.
Guru menanyakan
bagaimana kabar dan perasaan hari ini. 4.
Bersama-sama peserta didik membuat
kesepakatan kelas 5.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran. 6.
Memberikan stimulus kepada peserta
didik dengan sebuah pertanyaan tentang komunikasi, selanjutnya mengaitkan
pertanyaan tersebut dengan materi pelajaran Komunikasi Daring Asinkron. 7.
Guru memotivasi peserta didik dengan
menggali potensi siswa, memahami tentang materi ajar agar kompetisi yang
diinginkan tercapai. 8.
Guru memberikan ice
breaking untuk memotivasi dan penyemangat siswa untuk mengkuti pembelajaran
selanjutnya.
|
5
menit |
Inti |
Fase
menyajikan informasi 1.
Guru menyajikan informasi tentang berbagai
komunikasi dalam jaringan. 2.
Guru menjelaskan pengertian
komunikasi dalam jaringan. 3.
Guru menyajikan informasi tentang
berbagai jenis komunikasi dalam jaringan. 4.
Guru menjelaskan tujuan dan fungsi
komunikasi dalam jaringan. 5.
Guru menjelaskan komponen pendukung
komunikasi dalam jaringan. 6.
Peserta didik diberikan kesempatan
untuk Mengeksplorasi pengertian
komunikasi dalam jaringan dan manfaat komunikasi dalam jaringan Asinkron Fase
mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar 1.
Guru membagi siswa ke dalam
kelompok-kelompok yang terdiri dari 4 atau 5 orang dengan tingkat kemampuan
yang berbeda. 2.
Guru meminta setiap kelompok untuk
saling bertanya jawab tentang materi dan diskusi sesama kelompok. 3.
Peserta didik mendokumentasikan hasil
eksplorasi yang dilakukan setiap anggota kelompok. Fase
membimbing kelompok bekerja dan belajar 1.
Guru mengarahkan atau membimbing
siswa memecahkan masalah yang ditemui selama melakukan diskusi. 2.
Guru menekankan pada siswa untuk
mengemukakan ide kelompoknya sendiri tentang cara menyelesaikan masalah. 3.
Masing-masing kelompok menyajikan
hasil diskusi di depan kelas. Fase
evaluasi 1.
Memandu menyimpulkan materi pelajaran dengan cara mengajukan
pertanyaan- pertanyaan penuntun kepada siswa. 2.
Guru meminta beberapa perwakilan
kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya sedangkan kelompok lain
memberi tanggapan (sharing). 3.
Guru bertindak sebagai fasilitator
(Guru memandu jalannya diskusi dan merumuskan jawaban yang benar). 4.
Peserta didik Membuat kesimpulan
tentang komunikasi dalam jaringan Asinkron yang dilakukan setiap anggota
kelompok. |
75
menit |
Penutup |
Fase
kegiatan menutup pembelajaran 1.
Siswa diminta menyimpulkan materi
yang telah didiskusikan dengan
bimbingan guru. 2.
Guru meminta keada anak-anak,
silahkan tuliskan apa yang kalian rasakan setelah melakukan kegiatan pembelajaran hari ini. 3.
Guru memberikan soal-soal latihan
yang harus dikerjakan oleh individu. 4.
Guru
menginformasikan tentang materi
yang akan dipelajari pada
pertemuan yang akan datang. 5.
Guru
mengakhiri pelajaran dan
memberikan pesan untuk selalu
belajar dan tetap semangat. 6.
Salah satu siswa diminta memimpin
doa untuk mengakhiri pelajaran |
10
menit |
C. Materi Pembelajaran
Terlampir
D. Pendekatan, Metode dan
Model Pembelajaran
Ø Pendekatan
: Scientific
Ø Model
Pembelajaran : DiscoveryLearning
Ø Metode : Mengamati,
tanya jawab,diskusi,praktik, presentasi dan penugasan
E.
Alat dan Media Pembelajaran
Alat:
1. LCD
2.
Laptop/Komputer
3. Papan
tulis
4.
Spidol
Media
Pembelajaran:
1.
Power point
2.
Internet
3.
Bahan tayang
F.
Sumber Belajar
1.
Modul Simulasi Digital (SEAMOLEC)
2.
handout rancangan guru tentang komunikasi sinkron dan
asinkron.
3.
Video Tutorial
G. Penilaian Pembelajaran, Remidial
dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2. Prosedur Penilaian:
No |
Aspek
Penilaian |
Teknik
Penilaian |
Waktu
Penilaian |
1 |
Sikap
a.
Terlibat aktif
dalam proses praktikum b.
Bekerjasama dalam kegiatan kelompok. |
Pengamatan |
Selama
pembelajaran dan saat diskusi |
2 |
Pengetahuan
a. Menjelaskan proses persiapan
komunikasi dalam jaringan b Menjelaskan proses pelaksanaan
komunikasi dalam jaringan |
Pengamatan
dan tes |
Penyelesaian
tugas individu dan kelompok
|
3 |
Keterampilan
Terampil
menyajikan hasil : a.
Melakukan persiapan komunikasi dalam
jaringan b.
Melakukan proses pelaksanaan
komunikasi dalam jaringan |
Pengamatan
/ lisan |
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi |
|
Andong, 1 Juli 2021 Guru Mapel Muhammad Arifin, MM |
HASIL PENGAMATAN KOMPETENSI SOSIAL DAN EMOSIONAL (KSE)
DARI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Pengajar : MUHAMMAD ARIFIN
Nama Sekolah : SMK DARUL
FIKR ANDONG
Mata
Pelajaran : SIMULASI DAN
KOMUNIKASI DIGITAL (SIMDIG)
Bidang Keahlian : Teknologi
Informasi, Teknologi dan Rekayasa
Kopetensi Keahlian :
TKJ dan TBSM
Kelas/Semester : X / Gasal
Tahun Pelajaran : 2021/2022
Materi Pokok : Komunikasi Sinkron dan Asinkron dalam Jaringan
Kompetensi Inti : KI 3 dan
4
Kompetensi Dasar : KD 3.10 dan 4.10
Indikator Pencapaian Kompetensi : IPK 3.10.1 s/d 4 dan 4.10.1 s/d 4
Pertemuan ke- : 1
Waktu : 3 x 45
menit
KSE yang dikembangkan |
Bentuk Penerapan Pembelajaran Sosial
Emosional |
Yang Dilakukan Guru |
Hal penting yang harus disampaikan
kepada murid |
Kesadaran Diri |
Memeriksa Keadaan Diri |
Guru menanyakan bagaimana kabar dan perasaan hari ini. |
Anak-anak semua, silahkan ungkapkan bagaimana kabar/perasaan hari ini |
Memeriksa Perasaan Diri |
Guru mengajak murid untuk
menuliskan tentang perasaan yang dialami/ dirasakan setelah melakukan
kegiatan pembelajaran hari ini |
Meminta kepada anak-anak, silahkan tuliskan apa yang
kalian rasakan setelah melakukan kegiatan pembelajaran
hari ini. |
|
Pengelolaan Diri |
Mengelola Emosi dan fokus |
Guru meminta setiap kelompok
untuk saling bertanya jawab tentang materi dan diskusi sesama kelompok |
Meminta anggota kelompok untuk bertanya dengan sopan
dan bergantian. |
Berorganisasi |
meminta Siswa terlibat
aktif dalam setiap kegiatan
kelomok |
Meminta setia siswa untuk aktif dalam kelompok |
|
Refleksi diri |
memeriksa
perasaan pada diri sendiri dan juga murid setiap setelah melakukan
pembelajaran |
mereka
memikirkan atau menuliskan tentang perasaan yang telah dialami dan dirasakan
secara fisik, mental dan juga emosinya |
|
Mengelola Emosi dan fokus |
Guru
menekankan pada siswa untuk mengemukakan ide kelompoknya sendiri tentang
cara menyelesaikan masalah. |
Menekankan pada siswa untuk
mengemukakan ide kelompoknya sendiri dan
Mempertahankan idenya dengan dasar/sumber belajar yang relevan. |
|
Kesadaran Sosial |
Ice breaking |
Meminta
murid untuk berdiri secara berpasangan dan mendengarkan intruksi dari guru |
Mengajak
murid-murid melakukan ice breaking untuk menghilangkan kejenuhan dan rasa
ngantuk serta membuat mereka lebih focus dan senang dalam belajar |
teknik pembelajaran kooperatif |
membuat
kelompok belajar siswa sesuai kebutuhannya |
mereka
saling membantu temannya dalam memahami pelajaran. Ketika terdapat
teman yang belum mengerti bisa dibantu dengan tutor sebaya |
|
Keterampilan Relasi |
Kegiatan Role Play
Komunikasi Aktif |
Guru Memberikan
kesempatan untuk Mengeksplorasi
pengertian komunikasi dalam jaringan dan manfaat komunikasi dalam jaringan
Asinkron kepada peserta didik |
Meminta siswa untuk mendengarkan dan memberikan
kesempatan kepada siswa lain untuk Mengeksplorasi pembelajaran hari ini. |
Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab |
Identifikasi masalah |
Guru memberikan
beberapa contoh kasus dalam kegiatan Jaringan
terkait beberapa tindakan yang baik atau kurang baik. |
mereka mengidentifikasi masalah yang di berikan oleh guru,
kemudian murid menentukan apakah kasus yang diberikan tersebut baik/kurang
baik/buruk |
Memecahkan masalah |
Guru
mengarahkan atau membimbing siswa memecahkan masalah yang ditemui selama
melakukan diskusi. |
Meminta siswa untuk mengumpulkan masalah terkain
materi kelompok. |
|
Mengemukakan ide / Gagasan |
Guru
menekankan pada siswa untuk mengemukakan ide kelompoknya sendiri tentang
cara menyelesaikan masalah. |
Meminta anggota kelompok untuk dapat mengemukakan
ide sebanyak-banyaknya kemudian diputuskan dan disepekati ide apa saja yang
harus didiskusikan. |
0 comments:
Posting Komentar