Belajar bersama Masipin merupakan blogger yang berisikan tentang Pendidikan, Pertanian dan Dakwah.. Apabila ada kesesuaian dengan blog lain dan kesalahan upload kami mohon maaf.

Selasa, 10 Mei 2022

3.2.a.3. Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

MULAI DARI DIRI - PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA


CGP diminta menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini untuk melihat sejauh mana pengetahuan peserta tentang materi kali ini.


Question #1

1

Response is required
Response is required

Selama saya menjadi guru dan mengabdikan diri di SMA Muhammadiyah 4 Andong, saya ingat betul dengan kepala sekolah saya sampai saat ini. Beliau adalah sosok pemimpin yang benar-benar mengayomi guru di sekolah, memberi teladan dan berwibawa.

Question #2

2

Response is required
Response is required

Menurut saya, sosok pemimpin yang ideal harus mampu memberikan teladan yang baik untuk anak buahnya serta mampu menjadi :
  1. Educator
  2. Manajer 
  3. Supervisor 
  4. Enterpreneur 
  5. Climatemaker


Question #3

3

Response is required
Response is required

Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Jika dihubungkan dengan ekosistem sekolah bahwa lingkungan sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, guru, murid, penjaga sekolah yang saling memiliki hubungan timbal balik. Faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah antara lain cara/metode mengajar yang digunakan pendidik, kurikulum yang diberlakukan sekolah, cara berinteraksi guru dan murid, cara berhubungan murid dengan murid, peraturan sekolah yang diterapkan dan materi ajar yang disampaikan guru pada muridnya. 

Question #4

4

Response is required
Response is required

Peran seorang pemimpin dalam mengelola sumber daya sekolah adalah sebagai seorang manajer. Dalam pengelolaan tersebut, seorang pemimpin harus mampu dalam mengelola Sumber daya yang dimiliki sekolah diantaranya : Visi misi sekolah, Kurikulum, Program kerja sekolah, keuangan, Kualitas guru, Kualitas peserta didik, Kepemimpinan, Sarana Prasarana pendidikan dan media belajar, Penataan lingkungan sekolah, serta Lokasi strategis sekolah.

Question #5

5

Response is required
Response is required

Saat ini saya adalah seorang guru mata pelajaran, saya juga diberikan tugas tambahan sebagai ketua Jurusan TKJ untuk memimpin rekan guru lain yang ada di sekolah. Kekuatan yang saya miliki sebagai seorang pemimpin dalam Ketua Jurusan TKJ adalah dapat mengorganisir rekan-rekan di sekolah untuk mengelola pembelajaran dan menyusun program dengan baik sehingga dapat menciptakan proses Kegiatan Belajar Mengajar yang inovatif dan berpihak pada murid.

Question #6

6

Harapan saya sebagai seorang pendidik, pemimpin dan murid.
  • Diri sendiri : dapat menjadi seorang pemimpin yang mampu mengelola sumber daya dengan memaksimalkan potensinya.
  • Murid : menjadi seorang pemimpin pembelajaran yang berpihak pada murid
  • Sekolah : menjadi seorang pemimpin yang dapat menciptakan iklim baik dan positif untuk ekosistem sekolah

Question #7

7

Harapan saya dalam mempelajari modul ini agar mampu menggali potensi saya sebagai seorang pemimpin yang dapat mengelola sumber daya sekolah.

0 comments:

Posting Komentar

<<< P e n d i d i k a n >>> <<< P e r t a n i a n >>>